Tokoh Penemu Rumus Barisan dan Deret


silauLeonardo da Pisa atau Leonardo Pisano  (11751250), dikenal juga sebagai Fibonacci, adalah seorang matematikawan Italia yang dikenal sebagai penemu bilangan Fibonacci dan perannya dalam mengenalkan sistem penulisan dan perhitungan bilangan Arab ke dunia Eropa (algorisma). Leonardo adalah orang yang memperkenalkan deret.baca selengkapnya

Bapak dari Leonardo, Guilielmo (William) mempunyai nama alias Bonacci (‘bersifat baik’ atau ‘sederhana’). Leonardo, setelah meninggal, sering disebut sebagai Fibonacci (dari kata filius Bonacci, anak dari Bonacci). William memimpin sebuah pos perdagangan (beberapa catatan menyebutkan ia adalah perwakilan dagang untuk Pisa) di Bugia, Afrika Utara (sekarang Bejaia, Aljazair), dan sebagai anak muda, Leonardo berkelana ke sana untuk menolong ayahnya. Di sanalah Fibonacci belajar tentang sistem bilangan Arab.

Melihat sistem bilangan Arab lebih sederhana dan efisien dibandingkan bilangan Romawi, Fibonacci kemudian berkelana ke penjuru daerah Mediterania untuk belajar kepada matematikawan Arab yang terkenal mada masa itu, dan baru pulang kembali sekitar tahun 1200-an. Pada 1202, di usia 27, ia menuliskan apa yang telah dipelajari dalam buku Liber Abaci, atau Buku Perhitungan. Buku ini menunjukkan kepraktisan sistem bilangan Arab dengan cara menerapkannya ke dalam pembukuan dagang, konversi berbagai ukuran dan berat, perhitungan bunga, pertukaran uang dan berbagai aplikasi lainnya. Buku ini disambut baik oleh kaum terpelajar Eropa, dan menghasilkan dampak yang penting kepada pemikiran Eropa, meski penggunaannya baru menyebarluas setelah ditemukannya percetakan sekitar tiga abad berikutnya. (Contohnya, peta dunia Ptolemaus tahun 1482 dicetak oleh Lienhart Holle di Ulm.)

Leonardo pernah menjadi tamu Kaisar Frederick II, yang juga gemar sains dan matematika. Tahun 1240 Republik Pisa memberi penghormatan kepada Leonardo, dengan memberikannya gaji.

About these ads

7 Balasan ke Tokoh Penemu Rumus Barisan dan Deret

  1. Rany mengatakan:

    pak kalo penemu peluang siapa?
    butuh nih wat bikin makalah
    tq b4

  2. Luwis Alfredo mengatakan:

    Iya nhe pak,klo penemu rumus mat peluang siapa???
    N sjarahnya sang penemu..
    Knpa dy bsa nemuin rumus itu..
    Tolong dijawab yha pak..
    Trim’s..

  3. Luwis Alfredo anaq SMP Budi Mulia mengatakan:

    pak,kasi tau saya dong..
    siapa seh penemu rumus mat tentang peluang???
    saya ga tau nhe..
    makasi yha pak..

  4. Okeya-Chan mengatakan:

    Wah, bapak sudah kesana ya? Sama… Saya senang melihat pemandangan di sana! Menakjubkan…

  5. Okeya-Chan mengatakan:

    Pak, maaf salah ngasih komen! Maklum, Ngoeantoek neeeeeeeeeeh! He3x… Habis ronda malam bareng teman2x, meski gak dibolehin mama…

  6. irda yana rambe mengatakan:

    pak,,,kalau penemu mat fungsi siapa y????
    blz y pk,penting x buat proposal yg sedang sy ajukan…
    mkchi y pk…

  7. syahwani mengatakan:

    pak tolong kasih tau penemu rumus liniear, quadrat, matrick, logika dunk butuh buat proposal kuliah nieh.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: