PERSIAPAN MENYAMBUT RAMADHAN

Setiap akan memasuki bulan Ramadhan, hampir seluruh kaum muslimin dunia sudah melakukan persiapan. Umumnya mereka melakukan penyambutan bulan yang ditunggu-tunggu itu dengan ceramah dan tau’iyah (penyuluhan)Ramadhan. Tujuannya agar umat Islam tahu dan paham bagaimana seharusnya menjalani ibadah Ramadhan, sehingga tidak terjadi lagi kesalahan-kesalahan yang lalu.

Minimal ada tiga persiapan yang harus dilakukan. Pertama, Persiapan Ruhani/Spiritual. Mulai sejak sekarang kita harus sudah membersihkan hati kita terlebih dahulu.”Memasuki bulan suci perlu kesucian, kesucian jiwa yang paling strategis”. Rasulullah SAW. dan para sahabatnya melakukan persiapan sejak bulan Rajab(dua bulan sebelum Ramadhan), namun ada juga riwayat yang mengatakan persiapan beliau SAW enam bulan sebelum Ramadhan. Memperbanyak puasa sunnah, qiyamul lail, dzikir dan tilawah Qur’an merupakan stimulan untuk melatih dan mempersiapkan spiritual kita. “Puasa merupakan sarana yang paling efektif dalam penyucian jiwa”.

Yang kedua adalah Persiapan Ilmu, karena hal ini merupakan sesuatu yang penting, tapi kadang diremehkan. Perlu kita beli buku-buku tentang ramadhan, sehingga, kita memasuki ramadhan dengan pemahaman yang tidak mengikuti tren. Umumnya, kita mengkonsumsi materi yang berlebihan. Kita terjebak pada kecendrungan egois kita. Makanya, begitu pentingnya ilmu itu, agar kita tidak salah dalam melangkah. Selain itu juga untuk membangkitkan kita di bulan Ramadhan.

Yang ketiga, Persiapan Materi. Pesiapan ini tak kalah penting, karena dengan materi atau dana yang banyak kita bisa bersedekah selama ramadhan, karena Ramadhan adalah bulan kepedulian. Sebagaimana Rasulullah SAW. sangat peduli di bulan Ramadhan.

Semoga Bermanfaat… Allahumma baariklanaa fii Sya’ban wa ballighnaa ramadhan

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: