SISWA CERDAS ISTIMEWA

Menurut definisi yang dikemukakan Renzuli, anak berbakat memiliki pengertian, “Anak berbakat merupakan satu interaksi diantara tiga sifat dasar manusia yang menyatu ikatan terdiri dari kemampuan umum dengan tingkatnya di atas kemampuan rata- rata, komitmen yang tinggi terhadap tugas-tugas dan kreativitas yang tinggi. Anak berbakat ialah anak yang memiliki kecakapan dalam mengembangkan gabungan ketiga sifat ini dan mengaplikasikan dalam setiap tindakan yang bernilai. Anak-anak yang mampu mewujudkan ketiga sifat itu masyarakat memperoleh kesempatan pendidikan yang luas dan pelayanan yang berbeda dengan program-program pengajaran yang reguler (Swssing, 1985)

Program siswa berbakat adalah program pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata atau cerdas istimewa (CI) atau berbakat istimewa (BI) untuk dapat menyelesaikan program pendidikannya dalam waktu lebih cepat dari siswa lainnya. Program pendidikan yang dimaksud di atas disebut Program Percepatan Belajar atau program siswa berbakat akademik dimana siswa SMA dapat menyelesaikan pendidikannya dalam waktu dua tahun.

Pengembangan potensi peserta didik melalui pendidikan secara optimal merupakan langkah nyata layanan pendidikan yang mengedepankan perbedaan individual. Salah satu bentuknya berupa layanan khusus bagi siswa cerdas istimewa/berbakat istimewa (CI/BI). Artikel ini mengungkap model inklusif layanan khusus pembinaan siswa CI/BI di sekolah umum dengan mempertimbangkan potensi akademik, personal sosial dan bakat khusus. Sasaran yang diharapkan dapat memberikan input kebijakan layanan siswa CI/BI berbasis sumber daya daerah.

Landasan Yuridis

1) Tap MPR tentang GBHN:

a)         GBHN tahun 1983: “…. perhatian khusus perlu diberika kepada anak-anak yang berbakat istimewa agar mereka dapat mengembangkan kemampuannya secara maksimal”.

b)        GBHN tahun 1988: “Anak didik berbakat istimewa perlu mendapat perhatian khsus agar mereka dapat megembangkan kemampuan sesuai dengan pertumbuhan pribadinya”.

c)         GBHN tahun 1993: “peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan luarbiasa perlu mendapat perhatian khsus agar dapat dipacu perkembangan prestasi dan bakatnya”.

d)        GBHN tahun 1998: “Peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan luar biasa mendapat perhatian dan pelajaran lebih khusus agar dapat dipacu perkembangan prestasi dan bakatnya tanpa mengganggu potensipeserta didik lainnya”.

e)         GBHN tahun 1999: “… diversifikasi kurikulum untuk melayani keberagaman peserta didik…”.

2) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 (Sisdiknas)

a)         Pasal 8 ayat 2: warga negara yang meiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa berhak memperoleh pendidikan khusus

b)        Pasal 24 ayat 1 dan 6 : setiap peserta didik pada satuan pendidikan berhak:

ayat 1: ”mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya”

ayat 6:”menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan”.

3) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003

a)         Pasal 5 ayat 4: Warga negara yang memiliki potensi dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus

b)        Pasal 12 ayat 1.b dan 1.f : Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak:

  • mendapatkan layanan pendidikan sesuai bakat, minat, dan kemampuannya
  • menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang ditetapkan

4) Keputusan Mentri P dan K Nomor 0489/U/1992 untuk tingkat SMA

Pasal 16: ”Siswa yang memiliki bakat dan kecerdasan istimewa dapat menyelesaikan program belajar lebih awal dari waktu yang ditetapkan dengan ketentuan mengikuti pendidikan di SMU sekurangkurangnya dua tahun

Landasan Teoretis

1) Acuan kecerdasan istimewa dan keberbakatan istimewa (Lewis Terman, 1992 dan Smith, 1978) terdiri dari

a)         acuan unidimensional: hanya semata-mata didasarkan skor IQ (lebih dari 140)

b)        acuan multidimensional: didasarkan pada IQ (di atas 125), kreativitas (CQ cukup), dan komitmen terhadap tugas (TQ baik)

2) Ciri siswa cerdas istimewa dan berbakat istimewa:

a)        lancar berbahasa

b)        memiliki keingintahuan tinggi

c)        kemampuan yang tinggi berpikir logis dan kritis

d)        mampu belajar mandiri

e)        ulet dalam menghadapi kesulitan

f)         memiliki tujuan yang jelas dalam tindakannya

g)        cermat dan teliti

h)        mampu berpikir dengan beberapa pemecahan masalah

i)          mintanya luas

j)          memiliki daya imajinasi tinggi

k)        mudah dan cepat belajar

l)          mampu mengemukakan dan mempertahankan pendapat

m)      mampu berkosentrasi

n)        tidak perlu motivasi dari luar

 

Kesimpulan Dan Rekomendasi

  1. Siswa berbakat istimewa dan cerdas istimewa adalah siswa dengan kriteria khusus yang berhak mendapat pelayanan pendidikan secara khusus yang dilindungi oleh GBHN, Undang-Undang dan peraturan Menteri Pendidikan
  2. Siswa berbakat istimewa dan cerdas istimewa berhak mendapat layanan pendidikan sesuai minat, bakat, dan potensinya, serta kecepatan belajarnya dalam program pendidikan khusus
  3. Siswa berbakat istimewa dan cerdas istimewa pada tingkat SMA dapat menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari ketentuan yang berlaku. Untuk SMA (yaitu tiga tahun), dengan implikasi sebagai berikut:
    • program pembelajaran kurang dari tiga tahun atau enam semester, artinya dapat diselesaikan dalam jangka waktu lima atau empat semeter.
    • mengikuti ujian lebih awal dari ketentuan yang berlaku, yaitu sebelum akhir semester enam
    • mengikuti ujian sekolah lebih awal yaitu sebelum akhir semester enam
  4. Siswa berbakat istimewa dan cerdas istimewa berhak mendapatkan muatan kurikulum khusus sebagai bentuk diversifikasi kurikulum sesuai dengan standar nasional pendidikan.
  5. Layanan pendidikan khusus bagi siswa berbakat istimewa dan cerdas istimewa dapat dilaksanakan dalam program kelas akselerasi yang disesuaikan dengan keragamannya dengan diversifikasi, diantaranya:
    • Pendidikan khusus atau sekolah khusus siswa cerdas istimewa
    • kelas khusus misalnya dalam bentuk kelas akselerasi
    • pembelajaran khusus, misalnya melalui sistem kredit dengan beban belajar (sks) lebih banyak

Sumber :

http://sman78-jkt.sch.id/…/SISWA%20CEDAS%20ISTIMEWA.pdf

http://adisaputrabtm.blogspot.com/2012/04/program-siswa-cerdas-istimewa-atau.html

http://sdn02percontohanbkt.blogspot.com/2011/07/mari-mengenal-cibi-cerdas-istimewa_22.html

Kemendiknas, Panduan untuk guru dan orangtua : Memahami dan menangani cerdas istimewa dengan berbagai masalah yang menghambat prestasi akademis

About these ads

Satu Balasan ke SISWA CERDAS ISTIMEWA

  1. Fadjar Hadiatullah mengatakan:

    Setelah saya membaca artikel ini, saya mengerti apa itu siswa berbakat istimewa dan cerdas istimewa. Sungguh ALLAH Maha Kuasa atas segalanya. Inilah karunia nikmat yang ALLAH berikan kepada hamba-hambanya. Setiap individu berbeda dengan individu lainnya. Dibalik kelebihan yang ALLAH berikan pasti juga terdapat kekurangan. Siswa berbakat istimewa dan cerdas istimewa memang perlu mendapat pelayanan pendidikan secara khusus yang dilindungi oleh GBHN, Undang-Undang dan peraturan Menteri Pendidikan sekaligus berhak mendapat layanan pendidikan sesuai minat, bakat, dan potensinya, serta kecepatan belajarnya dalam program pendidikan khusus. Program kelas akselerasi ini sangat tepat untuk siswa berbakat istimewa dan cerdas istimewa, karena untuk membedakan dalam memberikan kebutuhan materi pendidikan, pelayanan, fasilitas antara siswa cerdas istimewa dan berbakat istimewa dengan siswa reguler, sehingga siswa ini dengan mudah untuk mengembangkan kecerdasan dan bakatnya. Kita sebagai pendidik perlu mendukung program ini. Mereka inilah aset dan kebanggaan bagi negara Indonesia, karena tidak semua manusia mempunyai kelebihan seperti ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: