BERGOSIP ?? NGERUMPI ?? CAPE DECH…

“Eh…eh….lo taw ga seeeh…..si itu kan bgini begini begini lho….” dan banyak lagi kalimat – kalimat sejenis yang mungkin sering kita dengar atau bahkan kita ucapkan ( mudah – mudahan jangan ) yang berbau/mengarah kepada pembicaraan tentang berita/gosip mengenai orang lain ; baik itu seleb…gebetan/pacar…orang – orang yang kita kenal….sampai orang – orang yang tidak/belum kita kenal.

Mungkin bagi kita yang tidak menyukai kegiatan bergunjing/bergosip seperti itu bertanya – tanya kenapa banyak banget orang – orang yg malah suka banget hal – hal yang berbau gossip seperti itu?? Mungkin selain karene sudah sangat terbiasa dengan hal itu dan kurang memahami ttg agama,mungkin karna mereka juga manusia yg sangat bisa terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya, .misalnya kalo seseorang bergaul dengan orang – orang yang seluruhnya sangat mengemari hal – hal seperti itu , walaupun pada awalnya ia tidak menyukai hal tersebut ,  tapi sangat mungkin dikemudian hari ia pun akan ikut – ikutan menyukai hal/kegiatan seperti itu…

Selain itu , media pun sebenarnya menjadi salah satu penyebab kenapa gosip/ghibah menjadi seperti sudah sangat mem-budaya…. Lihat saja contohnya ; mulai dari banyak banget layanan – layanan sms yg menyediakan jasa memberikan gossip/kabar terbaru dari para seleb…halaman – halaman majalah/tabloid yang di isi dengan isu – isu murahan plus tidak penting tentang para seleb…ditambah lagi,mulai dari pagi sampai sore banyak media pertelevisian dan  radio yang menyajikan gossip mengenai selebritis baik itu seleb luar maupun seleb dalam negeri sendiri padahal jelas – jelas itu hal – hal yang tidak berbobot , hanya menambah dosa dan membuang – buang waktu…

Kenapa bergosip alias bergunjing alias berghibah itu tidak berbobot…? Ya iyaaaalaaaah…. Emang apa manfaatnya bagi kita? Apa itu akan menjadi salah satu soal yg keluar pada saat kita tes/ujian/ulangan? Apa dengan kita tahu gosip terbaru itu membuat ilmu pengetahuan kita bertambah luas (selain pengetahuan tentang gosip gosip terbaru tentunya )? lagipula…daripada banyak pengetahuan tentang gosip gitu,mendingan banyak pengetahuan tentang hal – hal yang lebih berguna seperti apa aja yg udah terjadi dengan bangsa ini selama sekian kurun waktu atau tahu perkembangan ekonomi,teknologi,politik,di dalam negeri dan di luar negri ataupun hal – hal positip lainya.

Terus…kok bergosip alias bergunjing alias berghibah itu bisa menambah dosa…?? yaaa….soalnya kan bergunjing itu biasanya ga cukup cuman satu kali….dan biasanya kita akan terus menerus bergunjing dan jadi terbiasa dengan itu sampai kita sendiri juga tidak sadar bahwa yang kita lakukan itu sudah termasuk bergunjing…. dan dengan begitu…walawpun misalnya dosa ghibah itu termasuk dosa kecil pun , kaerna dlakukan berulang-ulang kali…. sangat mungkin dosa yang dtimbulkanya jauh lebih besar daripada dosa yg dtimbulkan karena kita mlakukan dosa besar satu kali .

Selain itu , Firman Allah dlm q.s al-hujurat ; 12 tentang larangan berghibah :
“Hai org2 yg beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari kesalahan org lain , dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yg lain . suka-kah kalian memakan daging saudaranya yg sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya . dan bertakwalah kepada allah . sesungguhnya allah maha penerima tobat . ”

Selain itu, menurut Yusuf Qardhawi dalam “halal dan haram dalam islam” , Ghibah adalah keinginan untuk menghancurkan orang, suatu keinginan untuk menodai harga diri, kemuliaan dan kehormatan orang lain, sedang mereka itu tidak ada di hadapannya. Ini menunjukkan kelicikannya, sebab sama dengan menusuk dari belakang. Sikap semacam ini salah satu bentuk daripada penghancuran. Sebab ini berarti melawan orang yang tidak berdaya. Ghibah disebut juga suatu ajakan merusak, sebab sedikit sekali orang yang lidahnya dapat selamat dari cela dan cerca.

Terus , Kenapa bergosip alias bergunjing alias berghibah itu membuang-buang waktu?

Karena tidak ada manfaatnya sama sekali bagi kita… misalnya ada seleb yg digosipin cinlok sama lawan mainnya dalam suatu film…. So what? Lha yg jatuh cinta dia , kok kita yang repot…? Terus…misalnya seorang temen mengatakan “eh…si itu tuh begini begini dan begini” so…?? Kalo emang bener dia gitu kenapa dan kalo ternyata dia tidak begitu juga kenapa…?? Ngapain harus ngabisin waktu untuk hal – hal yang sia – sia seperti itu…apalagi kalo pakai acara nyampein/ngaduin orang yang ngomong itu ke orang yang djadikan bahan omonganya itu…itu sama saja dengan ngadu domba…! atai kalo kita udah pake acara nyebarin berita/gossip ke orang – orang (not including ke orang yang dijadiin bahan gosip itu) dan ternyata tuh gosip salah…..ya….bisa – bisa kita tidak sadar bahwa itu sudah bukan hanya ghibah aja tapi juga sudah jadi suuzon atau bahkan fitnah dan itu termasuk dosa besar.

So… ngapain ngabisin waktu untuk bergosip/berggunjing…?selain hal – hal seperti itu tidak berbobot , menimbulkan dosa dan buang – buang waktu, itu juga bisa membuat imej yang tidak bagus tentang kita…. yaa….kecuali kalo udah sangat terbiasa dengan imej “bigos” alias biang gosip atau perumpi/penggosip dan tidak menganggap imej seperti itu adalah imej yg memalukan/tidak bagus…. UP TO YOU

Dan dengan menghindari dari hal – hal yang tidak berguna seperti bergosip/bergunjing seperti itu ,selain dapat menghindarkan diri dari melakukan dosa besar , semoga aja Allah menggolongkan kita pada golongan orang – orang yang menjauh dari perkara/hal yang tidak berguna yang disayangi oleh Allah pluz di rindu surga…. <aaaamiiiiiin>

So, say no to bergossip right now….!! kalo bukan sekarang , kapan lagi….? jangan sampe kita baru berpikir untuk berhenti melakukan dosa stelah kita melihat malaikat izrail hendak mencabut nyawa kita…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: