AMALAN-AMALAN SUNNAH RAMADHAN

IMAG0304( Sekecil apapun kebaikan yang ditebarkan, maka itu tetap bernilai ibadah )

Puasa wajib bulan Ramadhan yang dijalani umat muslim di seluruh dunia itu bisa menjadi benteng  pertahanan diri. Karena tujuan dari puasa itu tak lain adalah demi meningkatkan ketaqwaan dan keimanan. Disisi lain di bulan Ramadhan itu pula Allah berjanji akan memberikan pahala yang besar kepada siapa saja yang berbuat kebajikan dan kebaikan.

Wajar jika Ramadhan adalah peluang emas bagi setiap muslim untuk menambah ’tabungan’ pahala disisi Allah. Dalam hadist (yang diriwayatkan Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi) dijelaskan bahwa amalan-amalan sunnah pada bulan suci Ramadhan bisa bernilai seperti amalan wajib; dan amalan wajib senilai 70 amalan wajib di luar bulan Ramadhan. Untuk itu, bulan Ramadhan menjadi peluang untuk berbuat kebaikan. Sekecil apapun kebaikan yang ditebarkan, maka itu tetap bernil;ai ibadah. Seuntai senyum pun, misalnya mengandung sedekah dan sarat pahala.

Setidaknya, ada beberapa amalan yang di sunnahkan pada bulan penuh maghfirah ini, diantaranya :

1.    Mengkhatamkan Al-Qur’an

Dengan mengingat Ramadhan sebagai bulan Al-Qur’an, umat muslim sangat disunnahkan untuk mengkhatamkan Al-Qur’an. Dalam sebuah hadist diceritakan Jibril mendatangi Rasulullah SAW pada tiap malam bulan Ramadhan dan mengajarkannya Al-Qur’an. (HR.Bukhari dan Muslim)

2 .  Shalat Tarawih

Selain mengkhatamkan Al-Qur’an, amalan sunnah lain adalah shalat Tarawih.

3.   Memberi panganan berbuka

Sepanjang bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk selalu memberikan ifthar (berbuka) bagi mereka yang berpuasa walaupun hanya seteguk air ataupun sebutir kurma.

4        Bersedekah

Termasuk amalan sunnah yang dianjurkan sepanjang bulan Ramadhan adalah memperbanyak sedekah. ”Sebaik-baiknya sedekahadalah sedekah pada bulan Ramadhan. (HR Tirmidzi)

5        I’tikaf

I’tikaf adalah berdiam diri di mesjid untuk beribadah kepada Allah. I’tikaf di sunnahkan bagi laki-laki dan perempuan, karena Rasulullah SAW selalu beri’tikaf terutama pada sepuluh malam terakhir. Aisyah ra berkata, ”Bila telah memasuki 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, Nabi menghidupkan malam, membangunkan keluarganya  (istrinya) dan meninggalkan istrinya (tidak berhubungan suami isteri). (HR Bukhari dan Muslim)

6.   Umrah

Ramadhan adalah waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umrah, lantaran umrah di bulan Ramadhan itu memiliki pahala, seperti pahala haji bahkan pahala haji bersama Rasulullah SAW.

7.   Memperbanyak  Doa

Doa seseorang ketika berbuka termasuk salah satu orang yang doanya mustajab. Dari Abdullah bin Amr bin al-Ash berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Bagi orang yang berpuasa ketika sedang berbuka, ada doa yang tidak akan ditolak.” (HR Tirmidzi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: