Andai aku tak sependapat denganmu…

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apa kabar sahabat semua ??  Mari kita selalu berdoa kepada Allah agar kita selalu diberikan keimanan, kesehatan jasmani dan rohani, dan yang terpenting mintalah kepada Allah agar dalam hidup ini kita dapat bermanfaat bagi orang lain.

Membahagiakan orang lain tidak sulit tetapi juga tidak mudah dalam pelaksanaannya karena banyak sekali definisi tentang kebahagiaan yang ada dalam pikiran dan tujuan hidup masing – masing individu. Banyak yang berfikir bahwa dengan mempunyai jabatan yang tinggi, uang yang berlimpah, pasangan hidup yang baik dan anak yang pandai maka hidup kita akan bahagia. Mungkin itu adalah salah satu tolak ukur kebahagiaan, tapi tidak semua orang bahagia karena hal – hal tersebut di atas.

Dalam menjalankan hidup sebagai makhluk sosial tentu kita semua berharap dapat menjadi orang yang dapat diterima disemua kalangan, baik di tempat kerja maupun di lingkungan masyarakat kita. Tidak mudah mendapatkan penerimaan seperti itu, karena kita harus mampu menjaga diri kita, menjaga perasaan orang lain dan tentu saja kita harus mempunyai manfaat dalam masyarakat kita. Dan pasti semua orang akan bahagia jika dapat hidup dan diterima dengan baik oleh orang lain.

Salah satu yang harus diperhatikan jika kita ingin diterima dengan baik adalah saat kita melakukan diskusi dalam membahas suatu kegiatan ataupun suatu masalah. Setiap individu tentu mempunyai pemikiran yang berbeda dan kadang menjadi perdebatan yang tidak berujung dalam mempertahankan pemikiran masing – masing. Disinilah perlunya kemampuan mendengarkan pendapat orang lain dengan baik, kemampuan menyatakan ketidaksetujuan dan yang pasti harus ada kemampuan membuat diskusi tersebut menghasilkan keputusan yang pada akhirnya disepakati dan didukung oleh semua individu. Jangan sampai diskusi berujung menjadi pertengkaran dan debat kusir yang mengakibatkan perpecahan.

Mudahan – mudahan Tips ini bisa bermanfaat bagi kita semua agar mau menjadi orang yang menghargai pendapat orang lain…

ADAB MENOLAK / TIDAK SETUJU

1. Ikhlas dan menghindari sifat senang menjadi pusat perhatian

2. Menjauhi ingin tersohor dan terkenal

3. Penolakan harus tetap menghormati dan lembut serta tidak meninggikan suara

4. Penolakan harus penuh dengan dalil dan taujih

5. Menghindari terjadinya perdebatan sengit

6. Hendaknya dimulai dengan menyampaikan sisi benarnya lebih dulu sebelum mengomentari yang salah

7. Penolakan tidak bertentangan dengan syariat

8. Hal yang dibicarakan hendaknya merupakan hal yang penting dan dapat dilaksanakan dan bukan sesuatu yang belum terjadi

9. Ketika menolak hendaknya dengan memperhatikan tingkat ilmu lawan bicara, tidak berbicara di luar kemampuan lawan bicara yang dikuatirkan menjadi fitnah bagi diri dan agamanya

10. Saat menolak hendaknya menjaga hati dalam keadaan bersih, dan menghindari kebencian serta penyakit hati.

Satu Balasan ke Andai aku tak sependapat denganmu…

  1. firdausfarisqi mengatakan:

    yg terpenting adalah niatnya.. bukan untuk menjatuhkan tapi saling memperbaiki…. salam kenal🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: