Kejujuran itu INDAH…. walau kadang MENYAKITKAN….

Hmmm….. JUJUR,

Satu kata yang sesungguhnya mencerminkan siapa kita sebenarnya. Sebuah kejujuran merupakan ciri dari seorang umat, baik terhadap agamanya, komunitasnya maupun dunianya.
Namun apakah kejujuran itu memang harus dimiliki semua orang ??

Kejujuran adalah sebuah sifat yang akan menghasilkan sebuah sikap. Sikap ini yang akan di nilai oleh semua orang yg ada di dunia ini, baik itu teman, saudara, orang tua, pacar atau orang-orang tersayang kita. Namun haruskah kita jujur dalam berbagai hal ??

Mungkin, karena kejujuran biar bagaimanapun menjadi kunci dari kesuksesan manusia menghadapi dunia. Walau (mungkin) kini kejujuran bisa dikatakan lebih sering terkubur bersama kebohongan.
Salah atau tidak, kejujuran semakin lama akan terungkap pada diri seorang manusia. Pada saat itu, tinggal bagaimana orang – orang  terdekat dan tersayang kita menyikapi tentang kejujuran yg terkuak… yang selama ini tertutupi oleh kebohongan.

Ya… yang pasti ada yg menerima dan ada yg tidak. Bagi mereka yg punya jiwa besar dan pastinya bisa menerima walaupun nyatanya itu menyakitkan. Hanya mereka yang pemaaf lah yang bisa menerima sebuah keterbukaan akan kejujuran yang dilontarkan setelah sekian lama tertutup oleh kebohongan belaka….

Selalu dan pasti… kejujuran itu akan membawa dampak yang positif… apapun itu.
Jadi… terimalah siapa dirimu dengan kejujuran dari orang tersayangmu.
Kebohongan adalah hal yang sangat menyakitkan, namun kesakitan itu bisa dibasuh dengan kejujuran dan hati yang lapang.

Berkatalah dalam hati “Ya, saya seperti itu…” jika ada seorang yang kita kasihi jujur mengatakan siapa kita sebenarnya. Karena penilaian ada bukan pada diri kita, tetapi ada pada orang lain.
Biasanya hal tersebut merupakan “warning” bagi kita untuk melangkah ke hidup yang lebih jauh. Tanpa itu, kita tidak bisa menilai bagaimana diri kita dimata orang lain.

Terimalah kejujuran atas koreksi orang tersayang kepada kita, niscaya itu akan membuat kita berfikir dan memperbaiki diri. Buang jauh-jauh ego kita, katakanlah dalam hati “ya” jika memang perkataan orang itu benar, walau kata – kata  itu menyakitkan…..

Kadang kita berbuat bukan dengan maksud seperti apa yang orang pikirkan, namun banyak penilaian orang terhadap diri kita dan sialnya kadang penilaian tersebut negatif dan memang benar-benar kita “lakoni”…..
Hal ini kadang yg membuat kita jadi senewen dan akhirnya timbul perpecahan dan kebencian, yang seharusnya kita akui bahwa “ya… saya seperti itu…”

Kenapa ???

” Karena memang begitu kenyataan yang ada, karena memang benar apa yg kita lakukan walau (mungkin) tanpa sadar itu menyakitkan orang-orang terkasih. Kita janganlah membantah karena hal itu memang benar-benar kita lakukan….. Jadi, terimalah bahwa “kita memang seperti ini…. dan kita harus bisa bercermin untuk merubah diri kita sendiri….”

Menyakitkan bukan….. ???

Namun yang perlu diingat…
KEJUJURAN BUKANLAH FITNAH…

Hal yang tidak benar yang dilontarkan seseorang ke kita bisa berupa Fitnah, itu bukanlah kejujuran orang tersebut untuk mengingatkan kita atau memperbaiki diri kita.

Jadi, terimalah kejujuran sikap seseorang terhadap kita sebagai respon seseorang akan siapa sebenarnya diri kita…. Jangan dibantah, tapi jadikanlah cermin….
Walau memang itu menyakitkan hati kita… tapi apakah kita berfikir bahwa kita lebih menyakitkan hati orang tersayang kita dengan kebohongan kita….
Kebohongan yang dibalas dengan kejujuran adalah suatu hal yang sangat indah…. betapa itu akan menjadikan kita lebih baik dalam menjalani hidup…
Coba bayangkan seandainya kebohongan kita dibalas lagi dengan kebohongan orang tersayang kita… apa jadinya, masalah gak akan terselesaikan.

Jadi….. terimalah siapa diri kita sebenarnya untuk kebaikan kita sendiri, janganlah menjadi orang lain, tapi jadilah diri kita…

WALAU ITU KADANG MENYAKITKAN dan PASTI SULIT UNTUK DITERIMA…..

4 Balasan ke Kejujuran itu INDAH…. walau kadang MENYAKITKAN….

  1. sri mengatakan:

    Betuuul banget pa yang kamu bilang..Kejujuran itu sakit banget apa lagi kalo kejujuran itu terlontar dari orang tersayang kita..ya ibarat sebuah pengakuan yang pahit..Dan kita harus punya jiwa besar untuk bisa menerima semua itu..kita pasti ngerasa oh..selama ini dia telah membohongi kita..tapi dengan kejujurannya berarti dia sayang ma kita dia ga mau berlarut2 dalam kebohongan..tapi sumpah…itu rasanya sakit banget lho…ya segi positifnya kita jadi tau semuanya tapi segi negatifnya kita jadi ILL FiLL geto..

  2. ndutzz mengatakan:

    kjjrn emg pahit bngt dtrma tp trkdg kjjrn ntu emg hrs dkatakan wlu pahit sekalipun,, sy mrsakanna spt skrg nhe,, sy brusha jujur dengan pasangan tp trnyta kejujuran aq gk bs dterima dgn pasanganku,

  3. hacy girl free style mengatakan:

    KEJUJURAN
    memang sngt sulit utk qt lakukan tp aq berusaha utk jujur wlpn terkadang kejujuranq berakhir dengan pertengkaran…
    smua hrus jujur yach………

  4. Priya mengatakan:

    Yup…jujurlah walau kadang,menyakitkan…
    Dengan begitu orla akan segan dan mulai percaya padamu..🙂
    Selamat memulai segala hal dgn kejujuran..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: