PEMIMPIN YANG DICINTAI BAWAHANNYA

business_line_PA_sm_wmPemimpin merupakan seseorang yang paling berpengaruh dalam suatu kelompok masyarakat. Sebagai orang yang berpengaruh, pemimpin berusaha untuk mengendalikan para bawahannya untuk bersama mencapai tujuan organisasi dan dalam menjalankan tugasnya itu, sering kali seorang pemimpin dihadapkan oleh ketidaksesuaian antara maksud atau kehendaknya dengan kehendak orang orang yang dipimpinnya, sehingga hal ini menghambat jalannya suatu organisasi.

Apakah Anda termasuk Seorang Pemimpin Yang Baik ?, jawabannya ada pada anda sendiri. Tetapi anda juga tidak bisa begitu saja mengklaim bahwa diri anda adalah seorang pemimpin yang baik, karena begitu banyak aspek yang menjadi kriteria yang menunjukkan bahwa anda adalah seorang pemimpin yang baik.

Menjadi seorang pemimpin bukanlah suatu hal yang mudah, banyak sekali orang berambisi untuk dapat menempati posisi ini, tetapi apakah sebenarnya yang menjadi motivasi mereka sehingga sangat berambisi agar bisa menjadi seorang Bos ??!! apakah hanya sekedar untuk dihargai, disanjung atau dihormati ? wah…ini adalah suatu persepsi yang salah. Bukan hanya dalam dunia politik, pemerintahan atau Perusahaan bahkan dalam organisasi yang paling kecil yaitu Rumah Tangga hal ini sering di jumpai., seorang pemimpin yang seharusnya menjadi seorang pelindung, justru menjadi seorang diktator yang tidak pernah bisa disalahkan.

Rasulullah SAW pernah bersabda yang bermaksud, “Setiap kamu adalah pemimpin. Imam (Ketua Negara) adalah pemimpin dan akan ditanya mengenai kepimpinannya. Suami (bapa) adalah pemimpin dan akan ditanya mengenai kepimpinannya. Wanita adalah pemimpin di rumah suaminya dan akan ditanya mengenai kepimpinannya, pembantu adalah pemimpin kepada harta benda majikan yang diamanahkan kepadanya dan dia akan ditanya mengenai kepimpinannya. Tiap-tiap kamu adalah pemimpin dan kamu akan ditanya mengenai kepimpinan kamu”. (Hadis Riwayat al-Bukhari, Muslim, Abu Daud, al-Tirmizi dan Ahmad)

Setiap orang yang bekerja ingin punya pimpinan, bos atau atasan yang baik. Memang kata baik di sini sangat luas artinya. Bekerja di tempat kerja akan sangat menyenangkan dan nyaman apabila memiliki atasan yang sesuai dengan keinginan bawahan. Pimpinan yang baik akan dicintai para bawahannya, sedangkan pimpinan yang buruk akan dibenci para bawahannya. Oleh karena itu seorang pimpinan seharusnya selalu berusaha menjadi pimpinan yang baik agar kegiatan kerja berjalan mulus.

Pada kenyataannya tidak semua orang bisa menjadi pimpinan yang baik. Ada banyak orang yang stress karena di kantornya menjadi bawahan dari orang yang tidak baik. Pimpinan yang buruk mungkin saja bisa menyelesaikan target pekerjaan yang dilimpahkan kepadanya dan para bawahannya, namun yang pasti hubungan antar manusia di dalamnya sangat rapuh dan berpotensi besar memunculkan konflik atau masalah pada jangka panjang.

  1. Dalam kepimpinan, seorang pemimpin perlu menyeimbangkan dua perkara yaitu kesejahteraan dan sumber daya manusia. Pemimpin yang hanya memikirkan hasil kerja tanpa memikirkan kesejahteraan  orang yang dipimpinnya akan sukar memperoleh kesetiaan dan kehormatan dari orang yang dipimpin.
  2. Seorang pemimpin perlu menempatkan orang yang dipimpinnya di tempat yang sesuai dengan potensi dirinya. Jika ini tidak berlaku, maka ledakan potensi diri setiap individu itu sukar berlaku. Potensi diri boleh diasah melalui training, dan mentoring dalam waktu yang ditetapkan sebelum dibiarkan berjalan sendiri dengan pengawasan yang terpadu
  3. Sekiranya orang yang dipimpin dilihat agak menyeleweng dari operasi atau agenda institusinya, maka teguran boleh dibuat oleh pemimpin dengan cara yang bijaksana dan sesuai dengan aturan. Sangat tidak baik sekiranya orang yang dipimpin tersebut disingkirkan tanpa konfirmasi, malah mungkin akan menimbulkan ketidakpuasan hati dan masalah-masalah lain dari pihak orang yang dipimpin.
  4. Pemimpin yang sebenar adalah pemimpin yang boleh memberi gambaran ke depan kepada orang yang dipimpinnya agar melakukan hal yang lebih kreatif dan inovatif.

Dari hal di atas makaperlu adanya langkah langkah penting untuk menjadi seorang pemimpin yang disegani sekaligus disenangi oleh bawahannya. Berikut ini merupakan langkah langkah untuk menjadi pemimpin yang disenangi:

  1. Mulailah dengan pujian dan penghargaan yang jujur. Dengan penghargaan yang jujur menjadikan bawahan termotivasi karena segala tindakannya mendapatkan reward yang sesuai dengan hasil kerja.
  2. Beritahu kesalahan orang lain dengan cara yang tidak langsung. Memberi tahu secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya konflik dan salah satu solusi untuk menyadarkan orang lain secara halus.
  3. Bicarakan kesalahan pribadi sebelum mengkritik orang lain.
  4. Ajukan pertanyaan sebagai ganti memberi perintah langsung. Mengajukan pertanyaan secara tidak langsung, dapat menjadikan seorang bawahan memiliki hasrat untuk mencari tahu jawabannya sehingga mudah untuk dikendalikan.
  5. Pujilah secara tulus peningkatan yang terjadi pada orang lain sekecil apapun. Pujian menjadikan seseorang lebih dihargai.
  6. Beri dorongan yang positif sehingga suatu kesalahan terkesan mudah untuk diselesaikan. Jika dilakukan, hal ini bisa memunculkan pikiran positif dan menjadikan bawahan lebih optimis.
  7. Beri reputasi yang baik untuk mereka penuhi.

Beberapa pernyataan diatas merupakan  langkah langkah sederhana untuk menjadikan seorang pemimpin disegani dan disenangi oleh bawahannya. Semoga dengan langkah langkah kecil diatas menjadikan kita seorang pemimpin yang berwibawa. SELAMAT MENJADI PEMIMPIN YANG AMANAH DAN DICINTAI OLEH BAWAHAN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: