MEMOTIVASI SUMBER DAYA MANUSIA

sukses_3Manusia dalam aktivitas kebiasaannya memiliki semangat untuk mengerjakan sesuatu asalkan dapat menghasilkan sesuatu yang dianggap oleh dirinya memiliki suatu nilai yang sangat berharga, yang tujuannya jelas pasti untuk melangsungkan kehidupannya, rasa tentram, rasa aman dan sebagainya.

Sumber daya yang terpenting dalam suatu organisasi adalah manusia/orang-orang yang memberikan tenaga, bakat, kreativitas, dan usaha mereka kepada organisasi. Penyusunan SDM adalah fungsi manajemen yang berkenaan dengan penarikan, penempatan, pemberian latihan, dan pengembangan anggota-anggota organisasi.

Ada tiga perencanaan SDM:

  1. Penentuan jabatan-jabatan yang harus diisi, kemampuan yang dibutuhkan karyawan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut, dan berapa jumlah karyawan yang dibutuhkan.
  2. Pemahaman pasar tenaga kerja dimana karyawan potensial ada.
  3. Pertimbangan kondisi permintaan dan penawaran karyawan.

Motivasi (motivation) berasal dari bahasa latin, yaitu ’Movere’, yang kata kerja  padanannya dalam bahasa Inggris, yakni  ’to move’ atau menggerakkan. Apabila disimak hakekat atau makna kata kerja ini berarti diperlukan subyek yang menggerakkan dan ada obyek yang digerakkan. Jadi jika ada dua orang manusia saling berhubungan, satu orang adalah pemimpin dan satu orang lagi adalah karyawan. Secara konseptual tugas memotivasi adalah tugas pemimpin, maka dengan demikian pemimpinlah yang menggerakkan karyawan.

Menurut Martoyo, motivasi pada dasarnya adalah proses untuk mencoba mempengaruhi seseorang agar melakukan yang kita inginkan. Dengan kata lain motivasi adalah dorongan dari luar terhadap seseorang agar mau melaksanakan sesuatu. Dengan dorongan (driving force) disini dimaksudkan desakan yang alami untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhan hidup, dan kecendrungan untuk mempertahankan hidup. Kunci yang terpenting untuk itu tak lain adalah pengertian yang mendalam tentang manusia.

Menurut George R. dan Leslie W. (dalam bukunya Matutina. dkk , 1993) mengatakan bahwa motivasi adalah “……getting a person to exert a high degree of effort ….” yang artinya motivasi membuat seseorang bekerja lebih berprestasi. Sedang Ravianto (1986) dalam bukunya ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi motivasi kinerja, yaitu atasan, rekan, sarana fisik, kebijaksanaan dan peraturan, imbalan jasa uang, jenis pekerjaan.

Motivasi atau dorongan kepada karyawan untuk bersedia bekerja bersama demi tercapainya tujuan bersama ini terdapat dua macam, yaitu:

  1. Motivasi finansial, yaitu dorongan yang dilakukan dengan memberikan imbalan finansial kepada karyawan. Imbalan tersebut sering disebut insentif.
  2. Motivasi nonfinansial, yaitu dorongan yang diwujudkan tidak dalam bentuk finansial/ uang, akan tetapi berupa hal-hal seperti pujian, penghargaan, pendekatan manusia dan lain sebagainya.

Menurut The Liang Gie bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang manajer adalah memberikan inspirasi, semangat, dan dorongan kepada orang lain (pegawai) untuk mengambil tindakan-tindakan. Pemberian dorongan ini dimaksudkan untuk mengingatkan orang-orang atau pegawai agar mereka bersemangat dan dapat mencapai hasil sebagaimana dikehendaki dari orang tersebut. Oleh karena itu seorang manajer dituntut mengenal atau memahami sifat dan karateristik pegawainya.

Pentingnya motivasi selalu dihubungkan dengan tujuan pemberian motivasi itu sendiri. Secara umum adapun tujuan pemberian motivasi adalah sebagai berikut:

  1. Mendorong gairah dan semangat kerja.
  2. Menciptakan suasana dan hubungan kerja yang baik.
  3. Meningkatkan kepuasan kerja.
  4. Meningkatkan kreatifitas, inovasi dan partisipasi kerja.
  5. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja.
  6. Meningkatkan produktivitas kerja.
  7. Mempertahankan loyalitas terhadap perusahaan.
  8. Meningkatkan kedisplinan kerja.
  9. Menurunkan keluar masuknya karyawan (LTO)
  10. Menurukan tingkat absensi.
  11. Mempertinggi rasa tanggung jawab terhadap tugas dan fungsi
  12. Meningkatkan tingkat kesejahteraan.
  13. Menanamkan rasa memiliki (sense of belonging) terhadap perusahaan,
  14. Menciptakan rasa kebersamaan.
  15. Mendorong untuk berprestasi dan peraihan peluang karir.
  16. Mendorong untuk berperilaku sebagai warga organisasi (organizational citizenship behavior)

 

Orang-orang yang termotivasi untuk berprestasi, memiliki tiga macam ciri umum sebagai berikut:

  1. Mampu  mengerjakan tugas-tugas dengan derajat kesulitan yang sulit
  2. Menyukai situasi-situasi dimana kinerja dengan kompetisi  sehat dan selalu berusaha seoptimal mungkin dalam menyelesaikan
  3. Menginginkan lebih banyak umpan balik tentang keberhasilan dan kegagalan mereka

 

Sangatlah sulit  dalam memotivasi pekerja untuk dapat bekerja sesuai dengan harapan karena karena banyak faktor yang mempengaruhi baik dari karyawan maupun organisasi. Faktor-faktor yang bersumber dari karyawan seperti kebutuhan-kebutuhan, tujuan-tujuan, sikap, dan kemampuan. Sedangkan faktor-faktor yang bersumber dari organisasi itu sendiri seperti, pembayaran atau gaji, keamanan pekerja, hubungan sesama pekerja, pengawasan, pujian-pujian, dan pekerjaan itu sendiri.

 

Daftar Pustaka

Hafidhuddin, Didin dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Syariah Dalam Praktek. Penerbit Gema Insani Press. Jakarta

Handoko, T. Hani, 2003, Manajemen, BPFE,Jogyakarta

Hardjito, D. Teori Organisasi dan Teknik Pengorganisasian, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 1995.

Rivai, Veithzal dan Arviyan Arifin, 2010.Islamic Leadership (Jakarta: Bumi Aksara)

Rivai, Veithzal. dan Dedy Mulyadi, 2010. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: Rajawali Pers

Sondang P. Siagian, 1990, Fungsi-Fungsi Manajerial, Jakarta, Bumi Aksara

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: