Belajar Asyik, Mudah, dan Menyenangkan dengan ASUS VivoBook 15 A516

Pembelajaran online sebelum pandemic Covid 19 merupakan opsi yang dapat dipilih, tetapi pada saat ini merupakan kegiatan atau proses yang wajib dilakukan oleh setiap guru untuk tetap dapat mendidik para siswanya. Kondisi ini membuat guru harus mampu menguasai berbagai aplikasi yang mendukung dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menyajikan pembelajaran dengan baik dan menarik. Untuk dapat mendukung pembelajaran secara online, maka dibutuhkan alat bantu seperti handphone, PC komputer maupun laptop.

Dari sekian banyak alat bantu yang digunakan, maka penggunaan latptop menjadi hal yang sangat penting karena lebih mudah, praktis, dan lebih lengkap. Laptop yang digunakan oleh guru dan siswa harus mampu menjalankan aplikasi yang dibutuhkan dalam pembelajaran online, sehingga dibutuhkan laptop dengan spefikasi tertentu. Jangan sampai proses pembelajaran menjadi terganggu akibat laptop yang kita miliki atau kita gunakan sering hang atau lambat dalam proses karena tidak mampu menjalankan aplikasi atau program yang akan kita gunakan, sehingga mengganggu proses belajar. Untuk itulah dibutuhkan laptop dengan kualitas yang bagus, sehingga mampu membantu para guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran online dengan baik.

irvan_2Sebagai salah seorang guru di sekolah swasta (SMA Dwiwarna) yang berada di kawasan Parung Bogor, maka saya juga harus melakukan pembelajaran online sejak pertengahan Maret 2020. Sebuah kondisi yang sama sekali saya tidak duga dan tentu saja membutuhkan adaptasi, apalagi sekolah kami merupakan sekolah berasrama (Boarding School) yang siswanya berasal dari Sabang sampai Merauke. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran online dibutuhkan sekali internet yang stabil, handphone, pen tablet, dan tentu saja laptop sebagai “tokoh utama” agar pembelajaran online menjadi tidak terkendala.

Saya sangat beruntung sekali karena saya selama ini menggunakan laptop dengan kualitas terbaik dan sangat “bandel”, sehingga semua kegiatan pembelajaran online mulai dari administrasi pembelajaran, pembuatan powerpoint (PPT), penggunaan media pembelajaran (zoom, google meet, kahoot, quizizz, dan padlet), merekam, mengedit video, membuat blog, dan mengupload video semuanya saya lakukan dengan baik. Laptop Asus yang saya gunakan sejak tahun 2016 merupakan Asus dengan model P452LJ dan tetap menemani saya sampai saat ini, walaupun saya juga masih mempunyai sebuah laptop Asus model X441UA yang saya dapatkan ketika menjadi juara Olimpiade Guru Nasional tingkat nasional tahun 2018 dan dipergunakan oleh anak saya untuk kuliah.

Kita harus menyadari bahwa segala aktifitas di masa digital membutuhkan perangkat elektronik yang modern dan menunjang kinerjanya, baik untuk sektor pendidikan maupun sektor yang lain. “Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

Laptop Asus yang saya gunakan memang masih mumpuni tetapi  kinerjanya sudah mengalami penurunan, apalagi kalau bicara masalah ruang penyimpanan yang sangat terbatas. Jujur saja, saya membutuhkan laptop yang kualitasnya lebih baik lagi dengan layar lebih lebar dan tentunya ringan untuk menunjang pembelajaran dan produktivitas saya. Mobilitas saya yang cukup padat dalam mengajar secara online, membuat PPT, dan video pembelajaran membutuhkan laptop seperti laptop ASUS VivoBook 15 A516 dengan layar 15 inchi yang memberikan kinerja bertenaga dan visual yang imersif. Layar NanoEdge-nya menawarkan sudut pandang 178° yang luas dan lapisan anti-glare untuk pengalaman yang benar-benar menarik. Di dalam, ini didukung oleh prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10 dengan RAM 8GB, dan grafis diskrit NVIDIA® MX330. Desain penyimpanan ganda dengan pilihan SSD PCIe® hinggai 256GB dan HDD hingga 1TB memberi Anda kombinasi sempurna antara kapasitas penyimpanan besar dan kecepatan baca/tulis data yang cepat.

ASUS X515_M515_Product photo_ 1G_Slate Gray_08Saya sangat tertarik dengan inovasi yang dilakukan oleh ASUS dengan ASUS VivoBook 15 A516 dengan fasilitas yang memanjakan pengguna. “Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.” Ini sebuah produk yang membuat kita tidak repot lagi memikirkan aplikasi yang kita gunakan harus diupdate atau tidak, legal atau tidak, dan pastinya lebih aman.

Selain itu ASUS VivoBook 15 A516 yang merupakan “Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.” Tentu saja dengan spesifikasi yang lengkap ini akan membuat kita lebih mudah dalam menyelesaiakan segala pekerjaan kita, termasuk saya yang berprofesi sebagai guru.

1623836715799

Jujur saja… saya membayangkan dengan memiliki ASUS VivoBook 15 A516 akan membuat semua proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menjadi lebih mudah. Kegiatan  pembelajaran akan lebih mudah, asyik, dan menyenangkan jika guru dan siswa menggunakan ASUS VivoBook 15 A516 tanpa perlu khawatir koneksi internet lemot yang mengganggu. Tentu saja proses editing dan upload video yang saya lakukan untuk mendukung proses pembelajaran akan lebih mudah tanpa lemot atau hang dengan tidak mengkhawatirkan kapasitas penyimpanan. Saya berharap mimpi ini menjadi kenyataan.

Tidak usah ragu dan bimbang… Untuk masa depan yang lebih baik kita gunakan ASUS VivoBook 15 A516 Easy portability, Effortless productivity and One of the world’s smallest all-rounder 15-inch laptops

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS – 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com”.

 

Referensi :

https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Everyday-use/A516 

https://www.dewirieka.com/2021/06/asus-bigger-dream-blog-writing-competition.html 

 

PENULIS

Irvan Dedy, S.Pd.,M.Pd merupakan Guru mata pelajaran Matematika di SMA Dwiwarna (Boarding School) Bogor sejak tahun 1999 . Penulis mempunyai Sertifikat Kompetensi Penulis dari BNSP. Meraih prestasi sebagai pemenang I Mata Pelajaran Matematika dalam Olimpiade Guru Nasional Jenjang Pendidikan Menengah tahun 2018, Pemenang Best Presentation Mata Pelajaran Matematika pada Olimpiade Guru Nasional (OGN) tahun 2017 tingkat Nasional, peserta Applied Teaching Methods dan Strategies in the 21st Century Program (The University of Queensland Australia) pada pelatihan program 1000 guru keluar negeri tahun 2019, Penerima SATYALANCANA PENDIDIKAN 2019, penulis beberapa buku antologi, Penulis buku Matematika dan Penulis buku AKM (numerasi), dan Penerima Gold Medal Olimpiade Guru Matematika (OGM 6) tahun 2021.

Penulis dapat dihubungi melalui email : irvandedy7@gmail.com, dan WA 0856 970 14219

Blog : www.irvanhabibali.wordpress.com

Channel : www.youtube.com/c/irvandedy

12 Responses to Belajar Asyik, Mudah, dan Menyenangkan dengan ASUS VivoBook 15 A516

  1. Abdurrakhman berkata:

    Tulisan yang sungguh menarik, lugas dan cerdas. Saya suka dengan gaya penulisan Pak Irvan Deddy.
    Tulisan Pak Irvan Deddy membuat saya penasaran dan ingin mencoba kemampuan laptop ASUS VivoBook 15 A516 untuk mengganti laptop yang saya gunakan saat ini sejak beberapa tahun lalu.
    Pencapaian Pak Irvan Deddy sebagai guru matematika sungguh luar biasa dan saya yakin pasti dicapai dengan kerja keras.

    • irvandedy, S.Pd.,M.Pd berkata:

      terimakasih pak… semoga laptop ASUS VivoBook 15 A516 cocok untuk lebih meningkatkan kinerja dan produktifitas

  2. lukito berkata:

    artikel yang menarik dan berguna dalam memberikan informasi yang berimbang dari sisi user, mengingat kami akan melakukan update laptop untuk kebutuhan kantor. Saya semakin yakin untuk memilih ASUS VivoBook 15 A516.

  3. Agitsna berkata:

    Keren pak 👍🙏

  4. Etika Prihartono berkata:

    Seorang pengajar yang handal tentu perlu di dukung oleh laptop yang handal juga, sehingga akan sangat membantu dalam hal menyampaikan pendidikan dengan sangat baik dan yg paling penting semua file atau dokumen dapat disimpan ditempat yang aman dan selalu di backup, selamat pak, semoga tambah sukses.

  5. Dedew berkata:

    Keren banget pak prestasinya, ditemani laptop yang mumpuni bakal lebih produktif yaaa

    • irvandedy, S.Pd.,M.Pd berkata:

      siap bu… inshaAllah makin mantap kalo bisa mendapatkan ASUS VivoBook 15 A516. Bisa lebih mudah bergerak dan berbagi demi kemajuan pendidikan Indonesia… Aamiin

  6. Neneng Hodijah berkata:

    Semoga barakah informasi, pengalaman, pengetahuan, ketrampilan yg dimiliki oleh seluruh pendidik di Indonesia dari sharing yg bapak berikan. Majulah anak didik bangsa yg berkarakter dan berbudi pekerti mulia dgn mengedepankan ilmu pengetahuan dan teknologi dgn berlandaskan agama.

    • irvandedy, S.Pd.,M.Pd berkata:

      Aamiin… kita tetap berusaha memberikan yang terbaik dengan pemikiran, ilmu dan tenaga yang kita berikan… nah ASUS VivoBook 15 A516 bisa menjadi solusi buat lebih memudahkan kita melakukan itu semua…

Tinggalkan komentar