Webinar 1

WEBINAR 1 KLIC INDONESIA : Diseminasi KLIC Indonesia (TIK dalam Pembelajaran)

webinar_1

Belajar tanpa praktik akan membuat ilmu yang diperoleh tidak bermakna

Pelatihan tanpa diseminasi tidak akan membuat apa yang kita peroleh menjadi bermanfaat

Program KLIC merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan Gangwon Provincial Office of Education (GPOE), Korea Selatan yang mempunyai tujuan untuk lebih mengenalkan guru mengenai teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk pendidikan. Program yang sangat penting dan melibatkan kerjasama kedua negara, sehingga para peserta KLIC merupakan guru-guru pilihan dari jenjang SMP, SMA, dan SMK yang mempunyai kemampuan dalam bidang komputer.

Selain menerima materi pembelajaran yang diberikan oleh para mentor dari Korea dan Indonesia, para peserta KLIC juga mendapatkan tugas yang harus diselesaikan. Tugas yang diberikan diantara adalah mengisi survei, menyelesaikan quiz, membuat rencana diseminasi, mengisi padlet, membuat foto kegiatan, dan video pelaksanaan diseminasi. Semua tugas tersebut dapat kami selesaikan dengan baik  karena kompaknya para peserta KLIC untuk saling membantu dan memotivasi, serta adanya bimbingan dari ibu Meli dan Pak Irfana.

Kebanggaan kami mengikuti Program KLIC ini semakin bertambah dengan adanya perhatian dari Kemendikbudristek, khususnya GTK Dikdas yang memfasilitasi kegiatan webinar yang rencananya sampai 8 seri. Wow… sebuah perhatian yang harus kami balas dengan penuh keseriusan dalam mempersiapkan webinar tersebut, sehingga apa yang akan kami tampilkan dalam webinar bisa bermanfaat untuk pendidikan Indonesia.

Persiapan webinar kami lakukan dengan berbagai langkah, yaitu

  1. Membagi anggota KLIC Indonesia menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4 orang narasumber dan 1 orang moderator, sehingga semua anggota KLIC Indonesia mendapatkan kesempatan untuk tampil.
  2. Melakukan pembagian materi yang akan ditampilkan
  3. Melakukan gladi resik dengan bantuan mentor dan panitia dari Dikdas
  4. Melakukan promosi kegiatan

Alhamdulillah kegiatan webinar 1 dapat terwujud pada tanggal 24 Mei 2022 pukul 13.00 – 15.00 dengan menampilkan

  1. Rachmadi Widdiharto, M.A (Direktur Guru Pendidikan Dasar) sebagai Keynote Speaker
  2. Bapak Gogot Suharwoto sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Seoul.
  3. Narasumber 1 : Umi Fadhillah (Guru SMKN 2 Depok)
  4. Narasumber 2 : Refli Delia (Guru SMPIT Raudhatul Muttaqin Kota Bekasi)
  5. Narasumber 3 : Andi Suhandi (Guru SMKN 8 Tangerang)
  6. Narasumber 4 : Tezar (Guru SMAN 2 Sukatani Bekasi)
  7. Moderator : Hastuti (Guru SMPN 105 Jakarta)

Bapak Dr. Rachmadi mengharapkan agar program KLIC ini dapat bermanfaat bagi pendidikan Indonesia, khususnya dalam proses pembelajaran yang saat ini banyak menggunakan teknologi. Pemanfaatan teknologi yang tepat akan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna, sehingga akan meningkatkan hasil belajar. Selain itu, diharapkan semua peserta KLIC dapat mendiseminasikan apa yang diperolehnya selama pelatihan kepada siswa dan guru.

Ibu Umi memberikan paparan mengenai Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran dengan menjelaskan definisi dari AI dan memberikan contoh AI di sekitar kita, sehingga kita mampu memanfaatkan AI untuk meningkatkan kualitas hidup. Dijelaskan pula bahwa AI mempunyai kemampuan yang mendekati kemampuan manusia dengan kesalahan dalam pengenalan visual skala kurang dari 5 %, dan bagaimana mengenalkan AI kepada para siswa agar bisa manfaatkan dengan baik.

Machine learning menjadi pembahasan yang dipresentasikan oleh Ibu Delia mulai dari Apa itu Machine Learning ?, contoh Machine Learning, apa saja jenis pembelajaran algoritma pada Machine Learning?, dan siapa pengguna Machine Learning?. Ibu Delia juga menjelaskan mengenai perbedaan Machine Learning dengan manusia, khususnya mengenai bagaimana manusia dan Machine Learning belajar. Selain itu diinformasikan juga algoritma pembelajaran Machine Learning yang terbagi menjadi empat bagian, yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, Semi supervised Learning, dan Reinforcement Learning.

Pengenalan algoritma pemrograman dengan scratch dibahas oleh Pak Andi dengan memberikan contoh cara membuat game scratch secara sederhana. Ternyata algoritma memiliki beberapa ciri utama, yaitu memiliki sebuah input atau masukan, membutuhkan suatu proses tertentu, merupakan pola pikiran dan pola logis yang menghasilkan output, memiliki intruksi yang tegas dan jelas, dan memiliki apa yang disebut dengan stopping role.

Pak Tezar sebagai narasumber terakhir menutp webinar dengan memberikan penjelasan mengenai jaringan komputer, mulai dari definisi jaringan komputer, tujuan dan manfaat dari jaringan komputer, kelebihan dan kekurangan pada jaringan komputer, dan jaringan internet.

Waktu dua jam berlalu dengan sangat cepat, apalagi banyak sekali pertanyaan yang diajukan baik melalui Q n A di zoom ataupun yang live youtube. Berdasarkan data ada sekitar 700 peserta di zoom yang hadir dan sisanya dari 1500 peserta yang mendaftar menonton secara live di youtube.

Semoga webinar ini bermanfaat bagi kita semua… Aamiin

Jangan lupa ikuti terus cerita KLIC Indonesia yang pastinya akan semakin seru dan bergairah

www.irvanhabibali.wordpress.com

https://www.youtube.com/c/IrvanDedy/search?query=klic

Komentar ditutup.