Webinar 3

WEBINAR 3 KLIC INDONESIA : Diseminasi KLIC Indonesia (TIK dalam Pembelajaran)

webinar 7 juni

Matematika itu katanya obat amnesia

Apalagi kalau belajarnya sambil makan

Yuk belajar Scratch bersama sahabat KLIC Indonesia

Dijamin pembelajaran jadi menyenangkan

Sebuah pesan masuk di WA menginfokan bahwa anda telah ditambahkan ke dalam grup webinar#3 dan koordinasi teknis webinar membuat saya agak kaget juga, ternyata jadwal saya dan beberapa sahabat KLIC Indonesia untuk mengisi webinar series 3 pada selasa 7 Juni 2022. Hampir saja saya terlupa kalau saya sudah bertukar jadwal dengan sahabat KLIC yang lain, maklum sedang banyak kegiatan mengisi pelatihan OSN dan ujian masuk mandiri (SIMAK UI, UTUL UGM dan lain-lain).

Saya mencoba mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi webinar series 3, karena webinar series 1 dan 2 berlangsung sangat sukses dan peserta yang hadir sangat banyak dengan pemateri yang keren-keren. Sebuah tantangan bagi saya dan sahabat KLIC Indonesia yang akan tampil pada webinar series 3, apalagi materi yang akan kami sajikan hampir semua merupakan praktik penerapan dari machine learning dan scratch. Untuk itulah selain mendapatkan pengarahan teknis oleh panitia dari GTK Dikdas, kami juga secara rutin berdiskusi dan saling memberi masukan terhadap materi yang sudah kami buat.

Mendekati H-3 dan H-1 acara webinar series 3 kami melakukan pertemuan dengan menggunakan google meet dan zoom untuk berdiskusi tentang materi, skenario saat memberikan materi, dan melakukan praktik presentasi dengan materi yang akan kami sampaikan. Walaupun kami sudah terbiasa presentasi, ternyata masih saja mengalami sebuah perasaan takut dan itu terbawa sampai detik-detik menjelang acara webinar series 3 dimulai.

Webinar series 3 Diseminasi KLIC Indonesia (TIK dalam Pembelajaran) dilaksanakan pada hari selasa 7 Juni 2022 jam 13.00 – 15.00 akan menampilkan para narasumber dan moderator yang sudah mempunyai jam terbang tinggi dalam berbagai kegiatan webinar, yaitu

  1. Rachmadi Widdiharto, M.A (Direktur Guru Pendidikan Dasar) sebagai Keynote Speaker
  2. Bapak Sardi (GTK Dikdas) sebagai Host
  3. Narasumber 1 : Dwi Septiani (Guru SMKS Grafika Tangerang) dengan materi Scratch itu Mudah
  4. Narasumber 2 : Endang (Guru SMPIT Ummul Quro Depok) dengan materi Implementasi Machine Learning dalam Pembelajaran IPS
  5. Narasumber 3 : Ahmad Yunus (Guru SMK Ariya Metta Tangerang ) dengan materi Implementasi Algoritma
  6. Narasumber 4 : Irvan Dedy (Guru SMA Dwiwarna Bogor) dengan materi Scratch dalam matematika
  7. Moderator : Nurmawaty (Guru SMPN 207 Jakarta)

Scratch itu mudah bestie menjadi judul dari materi presentasi yang disampaikan oleh ibu Dwi dengan menjelaskan kembali pengertian scratch, cara membuat akun scratch, dan membuat animasi sederhana dengan scratch. Penjelasan yang disampaikan oleh ibu Dwi merupakan sebuah dasar bagaimana kita bisa memanfaatkan scratch dalam sebuah pembelajaran, sehingga guru bisa membuat variasi dalam menjelaskan materi kepada para siswa. Pada saat praktik, ibu Dwi menjelaskan tentang cara bagaimana membuat sprite yang bergerak dengan latar yang juga bergerak.

Penerapan machine learning merupakan materi yang disampaikan oleh ibu Endang dengan memberikan contoh penerapan yang sudah dilakukannya di sekolah dalam materi IPS. Dalam presentasinya ibu Endang menjelaskan tentang Application Programming Interface (API), manfaat, dan bagaimana menggunakannya. Ibu Endang juga menampilkan langkah-langkah kegiatan pada saat penerapan machine learning yang dilakukan oleh para siswanya, termasuk juga video saat para siswanya melakukan presentasi.

Algoritma menjadi bahasan menarik yang disampaikan oleh pak Yunus dengan menampilkan contoh-contoh penerapannya, sehingga belajar algoritma itu menjadi lebih menarik. Dalam praktiknya, pak Yunus juga membuat sebuah game mengenai “sentuhan” dengan contoh tikus yang mengejar dan memakan apel. Game ini mengajarkan bagaimana membuat sprite bergerak ke kiri, kanan, atas, dan bawah sambil mengejar sebuah sprite lain, sehingga membuat siswa menjadi kreatif.

Scratch dalam matematika menjadi sebuah bahasan yang menarik disampaikan oleh pak Irvan Dedy. Selain “matematika” yang sudah terkenal dianggap sulit oleh para siswa, maka penggunaan scratch menjadi sebuah tanda tanya besar… apakah akan mempermudah atau malah mempersulit?. Semua itu dijawab oleh praktik yang ditampilkan oleh pak Irvan dengan menarik dan membuat semua peserta menjadi yakin bahwa scratch bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat matematika menjadi lebih mudah, asyik, dan menyenangkan.

Screenshot (48)

Pemaparan materi yang menarik dari keempat narasumber dan dipandu oleh ibu Nurma sebagai moderator membuat sekitar 400 orang peserta penasaran ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang KLIC, scratch, dan machine learning dengan banyaknya pertanyaan yang masuk.

Semoga webinar ini bermanfaat bagi kita semua… Aamiin

Jangan lupa ikuti terus cerita KLIC Indonesia yang pastinya akan semakin seru dan bergairah

LINK REGSITRASI, MATERI, DAN SERTIFIKAT: https://s.id/webinardikdas

www.irvanhabibali.wordpress.com

https://www.youtube.com/c/IrvanDedy/search?query=klic

Komentar ditutup.