Soal Asesmen Nasional

PERSIAPAN MENJELANG ASESMEN NASIONAL 2023

Teruslah bergerak melewati batas maksimum yang dapat kita capai, sehingga akan terlihat jelas kualitas diri kita

Wah.. semakin dekat nich pelaksanaan Asesmen Nasional… Gimana? Udah siap blum? Atau malah masih bingung mengenai apa itu Asesmen Nasionall ? tidak tahu tujuan diadakannya Asesmen Nasional? Dan tidak tahu tipe soal-soalnya?… Jangan worry apalagi jadi stress ya… dibawa happy aja asal baca tulisan ini sampai akhir ya… inshaAllah dijamin bisa lebih paham tentang Asesmen Nasional dan bisa lebih siap plus tenang dalam mengahadapinya…

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur kompetensi mendasar literasi membaca dan

numerasi siswa

  1. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa
  2. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar dikelas maupun di tingkat sekolah.

Pemberlakuan Asesmen Nasional ini merupakan sinyalemen yang kuat dari pemerintah untuk terus memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia. Dan dari ketiga poin tersebut, maka sesungguhnya yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi Asesmen Nasional adalah pemahaman mengenai tujuan dan manfaat Asesmen Nasional, serta implikasinya pada perubahan praktik dan strategi pembelajaran di kelas.

Nah untuk persiapan menghadapi Asesmen Nasional ini silakan di download soal-soal yang merupakan contoh atau gambaran buat Asesmen Kompetensi Minimum bagian NUMERASI di bawah ini.  Soal sudah saya susun sedemikian rupa sehingga mudah untuk digunakan dalam pembelajaran.

LEVEL 5 (KELAS 9 DAN 10)

LATIHAN AKM SMA_ARITMATIKA DAN GEOMETRI

LATIHAN AKM SMA_DATA DAN REPRESENTASI

LATIHAN AKM SMA_FUNGSI KUADRAT DAN GRAFIK

LATIHAN AKM SMA_KETIDAKPASTIAN DAN PELUANG

LATIHAN AKM SMA_PERBANDINGAN TRIGONOMETRI

LATIHAN AKM SMA_PERSAMAAN DAN PERTAKSAMAAN

LATIHAN AKM SMA_VOLUME DAN LUAS

lEVEL 4 (KELAS 7 DAN 8)

LATIHAN AKM SMP_ARITMATIKA SOSIAL

LATIHAN AKM SMP_BANGUN DATAR

LATIHAN AKM SMP_DATA DAN REPRESENTASINYA

LATIHAN AKM SMP_FUNGSI LINEAR DAN GRAFIK

LATIHAN AKM SMP_PELUANG

LATIHAN AKM SMP_PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN

LATIHAN AKM SMP_POLA BARISAN BILANGAN

LATIHAN AKM SMP_VOLUME BANGUN RUANG

Jangan lupa kunjungi dan subscribe  www.youtube.com/c/irvandedy

Komentar ditutup.