Webinar 4

WEBINAR 4 KLIC INDONESIA : Diseminasi KLIC Indonesia (TIK dalam Pembelajaran)

webinar 4

Guru jadi hebat bukan karena jabatan atau usia

Guru berprestasi karena berani mencoba

Belajar menyenangkan bersama KLIC Indonesia

Kobarkan semangat siswa untuk kreatif dan berlomba

Teruslah melaju KLIC Indonesia dengan mendiseminasikan segala apa yang telah diperoleh selama pelatihan kepada sahabat GTK seluruh Indonesia, agar semua yang dipelajari menjadi lebih bermakna dan barokah. Itu adalah sebuah prinsip bagi saya ketika harus menjadi narasumber pada webinar KLIC Indonesia yang difasilitasi oleh GTK Dikdas dan didukung penuh oleh Pemerintah Indonesia melalui Kemendikbudristek.

Perjalan webinar kali ini sudah mencapai seri yang keempat dan terlihat semua sahabat KLIC Indonesia semakin semangat untuk berbagi, baik sebagai narasumber maupun sebagai moderator. Semua ini tidak lepas dari semangat kebersamaan yang sudah terjalin dengan baik dari seluruh sahabat KLIC Indonesia dengan arahan Pak Irfana dan Ibu Meli sebagai fasilitator, sehingga setiap webinar yang dilakukan semakin menarik dan mampu membuat sahabat GTK semakin penasaran ingin mencoba.

Kali ini kita akan mencoba membahas singkat materi yang dibawakan oleh para narasumber hebat KLIC Indonesia pada webinar 4 dengan menampilkan narasumber dan moderator yang merupakan guru-guru berpengalaman dalam berbagai kegiatan webinar, yaitu

  1. Rachmadi Widdiharto, M.A (Direktur Guru Pendidikan Dasar) sebagai Keynote Speaker
  2. Bapak Sardi (GTK Dikdas) sebagai Host
  3. Narasumber 1 : Rizal Pauzi (Guru SMAN 1 Karang Bahagia Bekasi) dengan materi Image Recognition Mechine Learning
  4. Narasumber 2 : Veranika (Guru SMPN 88 Jakarta Barat) dengan materi Tutorial Scratch for English Subject
  5. Narasumber 3 : Septiarini Dwi (Guru SMPN 121 Jakarta Utara) dengan materi Computational Thinking and Scratch dalam Pembelajaran Matematika
  6. Narasumber 4 : Mardiyati Hidayah (Guru SMPN 4 Kota Tangerang) dengan materi Pemanfaatan AI dalam kehidupan sehari-hari
  7. Moderator : Siti Nurma Nugraha (Guru SMPN 2 Kota Bogor)

Materi yang dibawakan pak Rizal pada sesi pertama adalah membahas tentang pemanfaatan machine learning dengan mengambil contoh Image Recognition Mechine Learning yang mempunyai definisi 1)Image : gambaran suatu objek yang dapat dilihat; 2) Recognition : Tindakan untuk mengetahui tentang seseorang atau sesuatu; 3) Machine Learning : Algoritma computer yang membuat keputusan secara otomatis dengan menggunakan data. Penerapannya dilakukan dengan Aplikasi Pemilah sampah secara otomatis digabungkan dengan scratch yang mempunyai tujuan 1) Memperdalam pemahaman tentang aplikasi pengenalan gambar; 2) Mengenali sampah yang dapat di daur ulang atau tidak; 3) Menambah pemahaman tentang teknologi yang akan digunakan serta menambah tingkat kesadaran Lingkungan.

Tutorial Scratch for English Subject menjadi pembahasan menarik yang disampaikan oleh Ibu Veranika dengan aplikasi scratch. Pada awalnya dijelaskan kembali bagaimana cara membuka dan mendaftar di aplikasi scratch, sehingga sahabat GTK menjadi paham. Selanjutnya dijelaskan tentang cara membuat dialog pada pelajaran bahasa inggris dengan menggunakan Scratch dengan cara yang sangat mudah dan jelas.

Matematika menjadi bahasan utama yang diangkat oleh ibu septiani dengan materi IMPLEMENTASI SCRATCH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN COMPUTIONAL THINGKING, sehingga pembelajaran matematika menjadi tidak membosankan. Hal ini terbukti dengan contoh foto dan karya para siswanya yang ditampilkan saat pembelajaran matematika dengan menggunakan Scratch penuh dengan semangat dan kreatif. Sungguh ini sebuah bukti bahwa anak akan lebih mudah menerima dan menyerap materi pembelajaran jika metode atau model yang digunakan oleh guru menarik dan sesuai dengan pola pikir siswa.

Smartphone menjadi sebuah alat dalam penerapan AI dibahas dengan sangat menarik oleh ibu Mardiyati, sehingga kita dapat lebih mengoptimalkan HP yang kita miliki. Menurut Ibu Mardiyati ada beberapa Kecerdasan buatan dengan smartphone yang biasa kita gunakan, yaitu mengatur jadwal dengan Google Asistent, aplikasi kamera dengan efek hiasan yang trendi dengan Snow, menelusuri objek dan foto dengan Google Lens, dan menerjemahkan bahasa dengan Google Translate.

Webinar tanggal 14 Juni 2022 ini menjadi lebih menarik dan hidup tentunya dengan dipandu oleh Ibu Siti Nurma yang mampu membuat kesimpulan dari materi para narasumber dengan baik. Webinar seri 4 kali ini diikuti lebih dari 300 sahabat GTK yang sangat antusias materi yang disampaikan oleh narasumber, apalagi ketika sesi tanya jawab yang penuh dengan pertanyaan-pertanyaan bagus.

Semoga webinar ini bermanfaat bagi kita semua… Aamiin

Jangan lupa ikuti terus cerita KLIC Indonesia yang pastinya akan semakin seru dan bergairah

LINK REGSITRASI, MATERI, DAN SERTIFIKAT: https://s.id/webinardikdas

www.irvanhabibali.wordpress.com

https://www.youtube.com/c/IrvanDedy/search?query=klic

Komentar ditutup.