Webinar 2

WEBINAR 2 KLIC INDONESIA : Diseminasi KLIC Indonesia (TIK dalam Pembelajaran)

webinar_2

Suara gemuruh guru baru

Terdengar sampai ke langit biru

Yuk, kita menambah keterampilan baru

bersama Sahabat Dikdas Dikmen yang selalu seru

Sukses webinar 1 membuat para narasumber dan moderator webinar 2 mempunyai tantangan tersendiri untuk lebih baik, apalagi akan semakin banyak peserta webinar yang hadir berdasarkan data peserta yang sudah mendaftar. Tentu saja ini menjadi sebuah kebanggaan dan kehormatan bagi panitia webinar dan anggota KLIC Indonesia untuk lebih bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin, dan pastinya materi yang disajikan harus lebih menarik lagi.

Webinar 2 Diseminasi KLIC Indonesia (TIK dalam Pembelajaran) dilaksanakan pada hari selasa 31 Mei 2022 jam 13.00 – 15.00 akan menampilkan para narasumber dan moderator yang sudah mempunyai jam terbang tinggi dalam berbagai kegiatan webinar, yaitu

  1. Rachmadi Widdiharto, M.A (Direktur Guru Pendidikan Dasar) sebagai Keynote Speaker
  2. Bapak Dakroni (GTK Dikdas) sebagai Host
  3. Narasumber 1 : Roy Febry (Guru SMAN 78 Jakarta)
  4. Narasumber 2 : Noni Dwi Sari (Guru SMP Insan Rabbany)
  5. Narasumber 3 : Wijaya (Guru SMPN 3 )
  6. Narasumber 4 : Wahyu Indriyadi (Guru SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi)
  7. Moderator : R. Sinta Dewi (Guru SMAN 7 Depok)

Dalam sambutannya, Pak Racmadi mengharapkan para guru mampu menerapkan teknologi dalam pembelajaran yang tentunya akan membuat siswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar. Sesuai dengan kebijakan merdeka belajar, maka inovasi pembelajaran dapat dilakukan dengan pemanfaatan teknologi dengan penggunaan Machine Learning dan Artifial Intelligence. Diharapkan Indonesia dapat menciptakan ahli-ahli teknologi, sehingga bukan hanya sebagai pengguna saja. KLIC Indonesia diharapkan bisa menjadi pelopor untuk mencapai tujuan tersebut.

Pada kesempatan pertama sebagai narasumber adalah Pak Roy yang merupakan guru TIK di SMAN 78 Jakarta dengan materi Machine Learning and Scratch. Pemaparan penggunaan machine learning dengan scratch memberikan wawasan baru bagi para guru tentang bagaimana teknologi mampu mengidentifikasi kondisi mata, dalam hal ini mata yang melihat (terbuka) dan tertutup (merem). Penjelasan dari pemateri sangat menarik karena disajikan dengan praktik langsung, apalagi ketika pemateri menampilkan cara pembuatannya dalam scratch.

Narasumber kedua adalah Ibu Noni yang menjelaskan tentang pengertian dan penggunaan Artificial Intelligence dalam berbagai bidang, diantaranya Art and Culture, music, dan math. Ibu Noni juga menginformasikan tentang berbagai aplikasi yang merupakan penerapan AI dan sangan bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan kita dan dapat juga digunakan dalam pembelajaran, yaitu https://artsandculture.google.com/ , https://museumnasional.iheritage-virtual.id/ , https://musiclab.chromeexperiments.com/Song-Maker , https://semiconductor.withgoogle.com/ , https://artsexperiments.withgoogle.com/living-archive , https://www.geogebra.org/ dan https://www.khanacademy.org/ . selain itu, dijelaskan juga Implementasi A.I sebagai media pembelajaran matematika dengan pendekatan STEAM.

Pak wijaya sebagai narasumber ketiga memberikan solusi agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa dengan gamifikasi, yaitu Pendekatan pembelajaran menggunakan elemen-elemen di dalam game atau video game dengan tujuan memotivasi para siswa dalam proses pembelajaran yang asik dan menyenangkan serta berfikir sistematis. Ini bukan berarti siswa akan bermain game sepanjang pelajaran loh… he…he… . Dalam Perancangan Gamifikasi harus dilakukan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu : menentukan Karakteristik Peserta Didik (Learning style, Character, Ability), menentukan Learning Objective yang akan dicapai (Clear, Specific), Menambahkan elemen game dan mekanismenya, dan Tentukan aktivitas yang akan dilakukan (multiple performances, Feasibility, increase difficulty level, Multiple paths)

Nara sumber terakhir adalah seorang guru TIK dari SMA PB Soedirman 2, yaitu bapak Wahyu dengan materi Implementasi Machine Learning. Materi yang sangat menarik dengan praktik langsung, sehingga peserta webinar dapat melihat dengan detail bagaimana cara penggunaan machine learning. Menariknya sekarang kita juga dapat membuat ML dan modelnya bahkan ML app dengan koding yang singkat menggunakan salah satu produk dari Google yaituTeachable Machine. Dijelaskan pula bahwa Teachable Machine adalah alat berbasis web yang membuat pembuatan model pembelajaran mesin menjadi cepat, mudah, dan dapat diakses oleh semua orang. Terdapat 3 project yang saat ini disediakan yaitu image  project, audio project, dan pose project.

Pembahasan yang sangat menarik dari keempat narasumber, apalagi dipandu oleh Ibu Sinta sebagai moderator keren dan mantabs.

Semoga webinar ini bermanfaat bagi kita semua… Aamiin

Jangan lupa ikuti terus cerita KLIC Indonesia yang pastinya akan semakin seru dan bergairah

www.irvanhabibali.wordpress.com

https://www.youtube.com/c/IrvanDedy/search?query=klic

Komentar ditutup.